Tanggal rilis, harga dan spesifikasi AMD Big Navi: Radeon RX 6900 XT

AMD sedang bersiap untuk mengalahkan Nvidia


AMD Big Navi- akan secara resmi diluncurkan pada 28 Oktober, hanya sedikit lebih dari sebulan setelah Nvidia menunjukkan kartu grafis Ampere-nya kepada dunia. Namun karena AMD menyukai kejutan kecil, dan saya sempat mengintip seri Radeon RX 6000 di AMD Ryzen 5000 yang diluncurkan pada 8 Oktober lalu.


AMD mengarahkan kartu grafis yang akan datang ini untuk akhirnya bersaing dengan Nvidia di kelas atas, tetapi masih harus dilihat apakah Tim Red dapat menyamai kinerja raksasa GeForce RTX 3080. Namun, dengan petunjuk kinerja yang dijatuhkan oleh Lisa Su sebelumnya di bulan Oktober, saya mungkin akhirnya melihat persaingan kembali ke kelas atas - yang akan baik untuk semua orang.


AMD RDNA 2 juga akan menjadi arsitektur grafis di balik Xbox Series X dan Playstation 5, mendukung semua fitur generasi mendatang seperti variable rate shading dan ray tracing - meskipun ada rumor bahwa dukungan ray tracing tidak akan ada di sana semua.


Tanggal rilis AMD Big Navi : Radeon RX 6900 XT


Sepertinya rumor tanggal rilis AMD Big Navi telah ada di mana-mana sejak awal waktu - atau setidaknya sejak rumor Navi pertama kali muncul pada akhir 2018. Awalnya, kami mendengar bahwa Big Navi akan diluncurkan di Computex - tetapi Computex tidak melakukannya.


Beberapa hari setelah pengumuman RTX 3080 oleh Nvidia, AMD menggoda peluncuran prosesor desktop Zen 3 dan kartu grafis RDNA 2, dengan yang terakhir diharapkan datang tepat sebelum Halloween pada 28 Oktober pukul 12 malam EST - hanya beberapa minggu sebelum Peluncuran Xbox Series X pada 10 November yang akan didukung oleh arsitektur grafis.


Harga AMD Big Navi

AMD secara tradisional menikmati reputasi untuk menyediakan produk yang lebih terjangkau daripada pesaing mereka, tetapi saya tidak begitu yakin itu akan meluas ke Big Navi.

AMD benar-benar memberikan kinerja yang cukup dekat dengan apa yang disediakan Nvidia GeForce RTX 2080 pada saat itu, dengan harga $ 679 (9,960,284 Rupiah), yang sangat dekat dengan RTX 2080-an. Label harga $ 699 (10,252,932 Rupiah) pada saat itu.

Sekarang, sejak meluncurkan jajaran Navi-nya, AMD telah memberikan tekanan harga pada jajaran mid-range Nvidia, terutama memancing Nvidia untuk menurunkan harga pada kartu Supernya. Jadi, kita mungkin melihat sesuatu yang menantang RTX 2080 Ti dengan harga mungkin $ 200 (2,932,900 Rupiah) lebih rendah dari MSRP kartu itu, tetapi jangan berharap harga kartu grafis turun ke tempat mereka sebelum Nvidia Turing membuat semuanya lebih mahal.

Karena AMD menargetkan kelas atas, kita sepenuhnya berharap AMD Radeon RX 6900 XT (jika memang disebut demikian) untuk mendapatkan VGA tersebut di harga $ 699 (sekitar 10,249,087 Rupiah) yang sama dengan Nvidia GeForce RTX 3080. Dan, jika Team Red memang memiliki sesuatu untuk digunakan pada RTX 3090, perkirakan harga yang menggiurkan untuk itu.




Spesifikasi dan fitur AMD Big Navi :Radeon RX 6900 XT

AMD berencana mengeluarkan kartu grafis siap 4K yang dapat menangani pelacakan sinar pada bulan Oktober nanti. Selama pengungkapan AMD Ryzen 5000, Team Red mengisyaratkan bahwa kartu grafis RDNA 2 generasi mendatang akan bisa mendapatkan framerate tinggi pada 4K di game seperti Borderlands 3 dan Gears 5.

AMD Radeon RX 6900 XT - sekali lagi, hanya nama yang dirumorkan - akan memiliki 5.120 SPs, 16GB GDDR6 VRAM pada bus memori 256-bit, dan menurut bocoran yang lebih baru, akan memiliki Game Clock sebesar 2.4GHz.


Daripada hanya mencantumkan Max Boost Clock dan Base Clock seperti yang dilakukan Nvidia dengan kartu grafisnya, kecepatan clock AMD dipisahkan menjadi Frekuensi Dasar, Frekuensi Game, dan Frekuensi Boost. Frekuensi Game hanyalah kecepatan clock yang biasanya digunakan kartu grafis selama bermain game, di mana Boost Frequency AMD adalah kecepatan clock puncak, dan biasanya hanya akan terjadi selama sedetik.


Tapi, tentu saja, kecepatan clock, terutama dengan kartu grafis, tidak berarti segalanya, dan hanya satu bagian dari persamaan yang sangat kompleks untuk performa gaming.


kartu grafis tersebut akan dibekali dengan memori GDDR6 12 GB dan 6 GB - meskipun nanti kita akan terkejut jika AMD meluncurkan Radeon RX 6700 XT dengan VRAM yang lebih sedikit daripada 5700 XT, apalagi saat persaingan dengan Nvidia sangat ketat saat ini.


Pada akhirnya, meskipun kita memiliki semua spekulasi yang menarik ini, kita tidak tahu apa yang pada akhirnya akan menjadi kenyataan dan apa yang tidak. Bagaimanapun, 2020 akan menjadi tahun yang menyenangkan untuk para pengguna kartu grafis.

Post a Comment

0 Comments